Perawatan Rambut - Cara Merawat Rambut Secara Alami » 4 cara menghilangkan ketombe yang efektif secara alami

4 cara menghilangkan ketombe yang efektif secara alami

Advertisement
Ketombe sebenarnya adalah kondisi umum dari kulit kepala. Sel-sel kulit kita terus memperbaharui diri dan ketika sel-sel kulit pada kulit kepala kita diperbaharui, kulit yang lama akan terdorong ke luar. Itulah proses terjadinya ketombe. Orang yang mendapat masalah ketombe adalah orang dengan sel kulit yang memilik proses pembaharuan lebih cepat dari pada umumnya.

Meskipun penyebab ketombe masih belum diketahui secara pasti, Para profesional meyakini bahwa pertumbuhan Malassezia yang terjadi secara berlebihan adalah salah satu penyebab utamanya. ini  merupakan jamur yang umum ditemukan pada kulit termasuk juga kulit bagian kepala. Ketombe bisa menjadi masalah jangka panjang atau dapat menjadi hasil dari perubahan gaya hidup tertentu. Jika Anda memiliki ketombe, Anda juga mungkin akan mendapat gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Pengelupasan berlebihan dapat disebabkan oleh penyakit yang mendasari oleh kondisi seperti psoriasis, infeksi jamur, atau bahkan kutu.

cara menghilangkan ketombe
Cara menghilangkan ketombe


Memiliki ketombe bisa sangat mengganggu dan berdampak pada kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, untuk alasan fisiologis dan psikologis., mencari pengobatan yang efektif untuk ketombe sangat penting .

Cara mencegah ketombe

Sebelum kita mulai dengan berbagai pengobatan untuk ketombe, Mengetahui beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk membantu mencegah ketombe akan sangat penting. berikut ini tips mencegah ketombe:
  • Saat anda menggunakan shampoo, cobalah untuk tidak menggaruk kulit kepala Anda terlalu keras.
  • Hindari penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut anda seperti misalnya penggunaan pewarna wambut.
  • Tidur yang cukup dan teratur akan sangat membantu mencegah masalah ketombe
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, Sertakan lebih banyak makanan laut, sayuran segar dan kacang-kacangan dalam diet Anda.

Mengatasi Ketombe secara alami

Bagi Anda yang lebih memilih untuk melakukan perawatan rambut dengan cara alami, ada banyak pilihan yang tersedia untuk Anda. berikut adalah beberapa perawatan rambut alami yang mudah untuk anda lakukan dirumah dan menghilangkan ketombe secara sehat:

  1. Yogurt adalah kondisioner rambut yang sangat baik. Sesat setelah anda mencuci rambut, cobalah menggosokan sedikit yoghurt ke kulit kepala Anda. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas rambut Anda dengan campuran air cuka (Anda tidak perlu cuka terlalu banyak, cukup dengan satu sendok makan cuku untuk semangkuk air). Setelah Anda bilas rambut anda dengan air cuka, bilas lagi dengan air hangat sampai bersih.
  2. Ambil 1 hingga 2 buah lemon, kupas kulitnya kemudian rebus kulit lemon tersebut dalam 1 liter air selama 15-20 menit. Biarkan dingin dan cuci rambut Anda dengan ini setidaknya sekali seminggu.
  3. Campur air dari setengah lemon dengan 4 sendok makan minyak zaitun hangat (jelas tidak panas, hanya hangat ). Usapkan campuran tersebut ke kulit kepala anda sebelum mencuci rambut Anda dengan sampo ringan.
  4. Tambahkan setetes minyak pohon teh ke sampo biasa. Minyak pohon teh telah digunakan selama berabad-abad dan merupakan zat anti-septik dan anti-jamur yang sangat efektif. Ini adalah solusi efektif untuk menghilangkan ketombe.

Bagaimana jika cara menghilangkan ketombe diatas tidak bekerja? Jika Anda telah mencoba semua metode di atas dan tidak ada yang tampak bekerja untuk Anda, itu bisa berarti ada masalah mendasar. Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter sehingga mereka dapat mendiagnosa apa yang menjadi akar masalahnya.

Advertisement