Perawatan Rambut - Cara Merawat Rambut Secara Alami » Cara merawat rambut kering agar tetap segar

Cara merawat rambut kering agar tetap segar

Advertisement
Apakah rambut Anda kusam, terasa seperti jerami dan kurang bersinar ? Apakah mudah diatur atau mudah kusut dan sulit untuk ditata ? Jika Anda menjawab ya untuk semua pertanyaan ini, maka Anda memiliki masalah berupa rambut kering yaitu kondisi umum yang mempengaruhi banyak wanita (dan pria). Berurusan dengan rambut kering bisa menjadi cukup sulit, namun setelah Anda memahami apa yang menyebabkan itu terjadi, anda akan mendapati bahwa sebenarnya mengatasi rambut kering itu tidak terlalu sulit.

Apa yang menyebabkan rambut kering ?

Pada umumnya, Rambut kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada rambut. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi. Beberapa orang mungkin memiliki glandes sebaceous lebih sedikit dari normalnya atau dengan kata lain tidak dapat menghasilkan sebum yang cukup yang merupakan pelembab alami rambut. ini juga bisa disebabkan oleh kutikula rambut yang rusak dan keropos sehingga rambut tidak mampu mempertahankan kelembabannya dan pada akhirnya akan membawa anda pada kondisi rambut kering.

Terlalu sering menggunakan styling tool seperti alat untuk meluruskan rambut, pengeriting rambut, Pewarnaan dan lain sebagainya. Banyak hal-hal yang bisa membuat rambut anda menjadi kering, seperti sinar matahari, terlalu sering keramas (terutama dengan produk yang keras). ini akan sangat berpotensi menguras kelembaban rambut anda. Selain  itu semua, penyakit atau kekurangan gizi juga bisa menyebabkan timbulnya masalah ini.


Cara merawat rambut kering

Untuk mengobati rambut kering, Anda perlu untuk menjaga rambut Anda agar tetap lembab dan menghindari dehidrasi yang akan berakibat buruk untuk rambut anda. berikut adalah beberapa tips cara merawat rambut kering yang bisa anda terapkan.


Jangan mencuci rambut Anda terlalu sering

Mencuci rambut kering terlalu sering, terutama jika Anda menggunakan produk yang keras hanya akan menimbulkan hal-hal yang buruk. ini tentu tidak akan sesuai dengan apa yang anda harapkan, dengan mencuci rambut mungkin anda berharap rambut anda akan selalu bersih dan sehat. itu benar jika dilakukan dengan kadar yang wajar, jika terlalu sering, ini akan menyebabkan rambut anda menjadi kering. Jika bisa, cobalah untuk mencuci rambut anda dengan air hangat (beberapa hari sekali) dan pastikan Anda menggunakan produk perawatan rambut yang dirancang khusus untuk jenis rambut anda.


Bahan shampo yang baik Untuk Rambut Kering

Hindari shampo yang mengandung zat-zat pembersih yang keras seperti Sulfate Sodium Lauryl dan TEH-Lauryl Sulfate, zat seperti ini akan menyebabkan hilangkan minyak alami pada rambut Anda (yang melembabkan rambut). hindari juga bahan-bahan iritasi seperti Minyak Peppermint , Menthol dan Spearmint. Sebaliknya, pilihlah shampo yang mengandung pelembab yang mencakup silikon, humektan atau emolien (seperti minyak kelapa, minyak zaitun). Rambut kering membutuhkan kelembaban, sehingga setiap kali Anda mencuci rambut Anda, penting untuk menerapkan kondisioner setelah keramas untuk mengembalikannya. Gunakan perawatan deep conditioning dua kali seminggu. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa sangat baik untuk melembabkan rambut Anda.


Hindari panas

Hindari Terlalu sering menggunakan alat styling seperti blow-dryers dan alat pengeriting dan meluruskan rambut. Meskipun memang diperlukan, cobalah untuk menggunakannya dengan bijak. Jika memungkinkan, biarkan rambut anda kering dengan sendirinya tanpa bantuan alat-alat tersebut. namun jika anda tidak mempunyai waktu banyak untuk menunggu rambut anda kering dengan sendirinya, anda bisa menggunakan blow dryers dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan rambut anda. ini akan mengurasi kadar panas yang diterima oleh rambut. Untuk alat-alat styling lainnya, cobalah untuk menggunakannya hanya untuk acara-acara khusus saja.

Karena rambut kering rawan terhadap kerusakan, ini perlu ditangani dengan benar. Menyikat rambut terlalu sering, terutama ketika rambut basah hanya akan memperburuk keadaan. penyebabnya bisa saja berupa rambut patah yang kemudian akan membawa anda pada masalah baru yaitu rambut rontok. Ingat bahwa rambut basah sangat rapuh.

Apakah Anda punya tips berurusan dengan rambut kering lainnya?

Ya, ada banyak tips dan metode yang bisa anda dapatkan baik itu dari kerawabat, dokter atau juga media lainnya. diatas hanya beberapa tips dasar dalam mengatasi rambut kering. cara merawat rambutsilahkan pertimbangkan mana yang baik dan memungkinkan untuk anda terapkan.

Advertisement